Sabtu, 07 April 2012

Digital Living Network Alliance

DLNA (Digital Living Network Alliance)


  1. Pengertian DLNA
DLNA (Digital Living Network Alliance) merupakan sebuah organisasi asosiasi bisnis non-profit yang berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan home network, dengan menggunakan standard teknologi yang dapat menyatukan beragam perangkat elektronik dengan lebih mudah dibandingkan yang ada pada sekarang ini. Dua perangkat (atau bahkan lebih) yang berbeda jenis, merk, dan pabrikannya apabila telah memiliki  sertifikat DLNA, maka akan sangat mudah untuk saling terhubung satu sama lain.
  1. Sejarah DLNA
Awalnya Digital Living Network Alliance (DLNA) didirikan oleh Sony pada bulan Juni 2003 dan memiliki lebih dari 250 perusahaan anggota, didalam mobile atau selular, PC, dan industri penyedia layanan. Anggota Aliansi telah menyatakan tujuan umum menggunakan teknologi berbasis standar untuk memermudah konsumen untuk menggunakannya, berbagi dan menikmati musik, foto digital, dan video.
Pada Januari 2011, lebih dari 9.000 perangkat yang berbeda telah memperoleh status "Sertifikasi DLNA" yang ditandai dengan logo pada kemasannya dan mengkonfirmasikan interoperabilitas dengan perangkat lainnya. Diperkirakan bahwa lebih dari 440 juta DLNA-bersertifikat, perangkat, dari kamera digital ke game konsol dan TV, sudah terpasang di rumah penggunanya.


  1. Perkembangan DLNA
Kini anggotanya terdiri dari dari 26 member promotor dan 199 member kontributor, termasuk di dalamnya pabrikan elektronik, komputer, dan perangkat bergerak lainnya, termasuk juga pengembang software, perangkat, service dan aplikasi, dan konten provider. Member promotor adalah: ACCESS, AT&T Labs, Awox, Broadcom, Cisco Systems, Comcast, DIRECTV, Dolby Laboratories, Ericsson, Hewlett-Packard, Huawei, Intel, LG Electronics, Microsoft, Motorola, Nokia, Panasonic, Promise Technology, Qualcomm, Samsung Electronics, Sharp Corporation, Sony Electronics, Technicolor, dan Verizon. Dengan begitu banyaknya produk yang menggunakan teknologi ini, diharapkan semua pabrikan dapat menggunakan DLNA sebagai standard jaringan rumah.
  1. Prinsip Kerja DLNA
DLNA dibangun di atas UPnP (Universal Plug and Play) dan dimungkinkan untuk mendapatkan sejumlah daftar file video, musik, foto, format video seperti MPEG dan AVC dan format audio yang sejenis seperti PCM dan MPEG-2 ACC yang terdapat pada sebuah perangkat. Perangkat kemudian dapat berbagi informasi tentang layanan apa yang mereka tawarkan.
Ada dua jenis utama dari produk DLNA: DLNA server, seperti PC atau perangkat penyimpanan jaringan, dan klien DLNA. Anda memerlukan salah satu dari masing-masing untuk streaming konten menggunakan DLNA. Seorang klien DLNA adalah di mana konten yang dilihat atau didengar, dan produk-produk tersebut mencakup beberapa TV dan radio digital, misalnya.
DLNA server adalah perangkat yang mengirim konten.
Alat-alat ini bekerja dengan prinsip seperti halnya kita mencari, mengirim, menyimpan, mengunduh, memutar dan mencetak konten digital. Yang kita butuhkan agar DLNA ini dapat bekerja adalah sebuah jaringan baik yang dengan kabel maupun nir-kabel. Begitulah DLNA terhubung, menemukan dan berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah jaringan sama seperti yang sudah kita kenal dalam jaringan internet broadband.
Misalnya sebuah TV dengan logo DLNA memutar sebuah koleksi film atau multimedia yang anda simpan dalam sebuah storage NAS (network attached storage), TV ini dapat mencari, mengunduh dan memutar film yang tersimpan di dalam NAS tersebut secara streaming. Dibanding dengan melihat film tersebut di layar kecil laptop anda, anda dapat menikmatinya di layar TV flat-panel anda yang lebih besar.
E.     Teknologi DLNA dan Cara Kerjanya
Berikut beberapa aspek kunci dari teknologi DLNA:
·         Jaringan dan konektivitas
Lapisan jaringan ini terdiri dari Ethernet, sebuah protocol jaringan LAN (Local Area Networking) yang biasa terdapat Home Networking dan akses internet serta jaringan nirkabel
·         Discovery & control
Penemuan layanan dan kontrol memungkinkan perangkat pada jaringan rumah untuk sifat mengkonfigurasi jaringan secara otomatis diri sendiri. Menemukan keberadaan dan kemampuan perangkat lain pada jaringan, dan berkolaborasi dengan perangkat tersebut.
·         Media format dan transport model
Table 1. DLNA Media formats for Home Devices
Media Formats
Required Formats Set
Optional Formats Set
Imaging
JPEG
GIF, TIFF, PNG
Audio
LPCM (2 channel)
MP3, WMA9, AC-3, AAC, ATRAC3plus
Video
MPEG2
MPEG1, MPEG4, WMV9

Table 2. DLNA Media formats for Mobile/Handheld Devices
Media Formats
Required Formats Set
Optional Formats Set
Imaging
JPEG
GIF, TIFF, PNG
Audio
MP3 and MPEG4 AAC LC
MPEG4 (HE AAC, AAC LTP, BSAC), AMR, ATRAC3plus, G.726, WMA, LPCM
Video
MPEG4 AVC (AAC LC Assoc Audio)
VC1, H.263, MPEG4 part 2, MPEG2, MPEG4 AVC (BSAC or other for Assoc. Audio)

Sedangkan transport model itu berupa DMS, DMP/ M-DMP, DMPr/ M-DMPr, M-DMU, M-DMD
·         Manajemen dan kontrol media
Memungkinkan perangkat dan aplikasi untuk mengidentifikasi, mengelola, dan mendistribusikan isi media di seluruh jaringan rumah stasioner, atau untuk transfer ke perangkat mobile. Dimana Manajemen dan control media berupa UPnP Audio Video / UPnP AV. Ada 4 spesifikasi dari UPnP AV, antara lain :
1.      Konten Layanan Direktori: ini menyebutkan konten yang tersedia (misalnya, video, musik dan gambar).
2.       Koneksi Service Manager: ini menentukan bagaimana konten dapat ditransfer dari Media Server ke perangkat Media Renderer.
3.       Transportasi Layanan AV: ini mengontrol aliran konten (misalnya, memutar, menghentikan,  menunda dan mencari).
4.       Rendering Layanan Control: ini mengontrol bagaimana konten ini dimainkan (seperti volume / mute dan kecerahan).

·         Digital Rights Management dan proteksi konten
Digital Rights Management (DRM) adalah  DRM mengontrol cara orang dapat berbagi media digital untuk melindungi hak cipta. Beberapa perangkat, meskipun DLNA-bersertifikat, tidak akan berbagi file musik atau video tertentu dengan perangkat lain karena pembatasan DRM di tempat.
Ada dua jenis utama dari produk DLNA: DLNA server, seperti PC atau perangkat penyimpanan jaringan, dan klien DLNA. Anda memerlukan salah satu dari masing-masing untuk streaming konten menggunakan DLNA. Seorang klien DLNA adalah di mana konten yang dilihat atau didengar, dan produk-produk tersebut mencakup beberapa TV dan radio digital, misalnya.
DLNA server adalah perangkat yang mengirim konten.
  1. PRODUK DLNA
Ada sekitar 9000 produk yang telah bersertifikasi DLNA, ditandai dengan logo pada kemasannya dan mengkonfirmasikan interoperabilitas dengan perangkat lainnya.Termasuk di dalamnya TV, DVD dan Blu-ray player, konsol gaming, digital media player, kamera, laptop, PC, handphone, dan sebagainya. Spesifikasinya:
Home Network Devices
·         Digital Media Server (DMS): perangkat ini menyimpan konten dan membuatnya terbaca oleh digital media players (DMP) dan digital media renderers (DMR). Contoh PC dan perangkat NAS (Network-Attached Storage).
·         Digital Media Player (DMP): perangkat ini mencari konten di digital media servers (DMS) dan melakukan playback dan rendering. Contohnya: TV, stereo dan home theater, monitor wireless dan konsol game.
·         Digital Media Printer (DMPr): Perangkat ini menyediakan jasa print untuk DLNA home network. Secara umum, digital media players (DMP) dan digital media controllers (DMC) dengan kemampuan print dapat mengeprint ke DMPr. Contoh: printer all-in-one yang terhubung dengan jaringan
Mobile Handheld Devices/ Perangkat Telepon Genggam
·         Mobile digital media server (DMS): Perangkat nirkabel ini menyimpan konten dan membaginya ke jaringan mobile digital media printers (DMPr). Contohnya ponsel dan portable music player.
·         Mobile Digital Media Player (M-DMP): Perangkat nirkabel ini mencari dan memainkan konten di digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya ponsel dan mobile media tablet.
·         Mobile digital media uploader (M-DMU): Perangkat nirkabel ini mengirim (upload) konten ke digital media server (DMS) atau mobil digital media server (M-DMS). Contohnya kamera digital dan ponsel
·         Mobile digital media downloader (M-DMD): Perangkat ini berfungsi untuk mencari dan menyimpan (download) konten dari digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya portable music players dan ponsel

G.    CONTOH PRODUK DLNA-CERTIFIED
Anda akan menemukan logo Bersertifikat DLNA pada semua jenis perangkat digital untuk rumah Anda dan di mana saja, seperti TV, PC, ponsel, tetapi bukan TV, PC dan ponsel yang sama.
Dibangun dengan standard sertifikasi DLNA, generasi baru dari perangkat menawarkan memperluas kemampuan yang memungkinkan produk ini untuk memainkan peran bukan hanya satu, tapi beberapa dalam jaringan digital Anda.
Perangkat bersertifikat  DLNA dalam jumlah yang berbeda Kelas Perangkat DLNA. Ini adalah perangkat tertanam sertifikasi DLNA Kelas yang memungkinkan produk untuk melakukan lebih banyak hal.Untuk bermain dan membuat konten dalam beberapa kasus. Untuk menemukan dan meng-upload konten pada orang lain. Berikut adalah ikhtisar dari produk digital yang Anda mungkin sudah akrab dengan. 
Berikut adalah contoh produk bersertifikat DLNA :

Televisi (TV)

DLNA Bersertifikat TV akan mampu bekerja baik sebagai Media Player Digital (DMP) atau Digital Media Renderer (DMR), memungkinkan Anda untuk menikmati lebih dari sekedar apa yang disiarkan melalui udara atau jaringan serat optik atau dalam koleksi DVD Anda.

Perekam Video Digital (DVR)

Tidak seperti biasa perekam video digital, DLNA bersertifikat DVR akan memiliki built-in kemampuan jaringan untuk memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan perangkat lain Bersertifikat DLNA di rumah digital Anda. Sebuah DLNA Bersertifikat DVR akan dapat berfungsi sebagai Digital Media Player (DMP), Digital Media Server (DMS) atau keduanya.
PONSEL
DLNA Bersertifikat ponsel akan sangat kuat, memiliki tidak hanya kemampuan selular, tetapi juga built-in Wi-Fi ® kemampuan untuk memungkinkan mereka untuk terhubung ke jaringan rumah Anda. Ponsel ini dapat berfungsi sebagai Media Digital Mobile Server (M-DMS), mengirim foto, musik dan video dari memori untuk perangkat DLNA bersertifikat. Atau, bisa berfungsi sebagai Handphone Digital Media Player (M-DMP) untuk memainkan konten digital dari perangkat Bersertifikat DLNA.
Contoh lainnya:
·         2Player, sebuah kontroler dan player untuk perangkat android
·         PC
·         AllShare™, trademark dari Samsung untuk produknya yang menggunakan DLNA dan fitur lainnya yang sejenis.
·         CyberLink SoftDMA 2
·         Windows Media Player 12
·         PS3 Media Server

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates